Senin, 14 Maret 2016

Punctuation


Punctuation adalah tanda baca. Kalau dilihat, tanda baca dalam bahasa Inggris hampir sama dalam bahasa Indonesia. Jadi bila kita memahami tanda bahasa Indonesia, maka kita dengan mudah memahami tanda baca bahasa Inggris.

Dalam menulis, tanda baca ini mempunyai fungsi yang sangat penting agar pembaca mudah memahami kalimat, tidak salah mengartikan sehingga ide yang disampaikan penulis diterima dengan baik oleh pembaca.

Berikut ini ada beberapa tanda baca dalam bahasa Inggris yang perlu kita tahu agar mudah memahami  bahasa tersebut.
·         [ . ] titik menandai akhir suatu kalimat, ada kalanya menandai suatu singkatan seperti
mph.    = mile per hour
etc.      = et cetera
In.        = inch

·         [ , ] koma, berguna untuk membagi suatu kalimat menjadi satuan-satuan arti yang lebih kecil (mis. klausa) sehingga mempermudah pemahaman dalam bacaan. Penggunaan koma kerap dapat diabaikan, yakni bersifat manasuka (optional). Jika ragu, tak usah gunakan koma, tapi jika ia membuat makna kalimat lebih jelas, lebih baik dipakai. Untuk pemakaian koma lebih jelas, bisa di baca di sini.

·         [ ? ] tanda tanya, tempatnya di akhir kalimat yang merupakan pertanyaan.
contoh. 
Is that your answer?
Why don’t you listen?

·         [ ! ], tanda seru tempatnya di akhir kalimat untuk menyatakan tekanan perasaan, mis. Dalam suatu seruan. Jika dalam kalimat yang mempunyai tuturan langsung  di dalamnya, maka baik tanda tanya maupun tanda seru  dapat digunakan di akhir tuturan langsung dalam kalimat.
contoh:
‘What a mess!’ she said
What a nuisance! We’re run out of fuel.

·         [ ; ], Titik koma, digunakan dalam tulisan resmi. Ia lebih berat daripada koma. Gunakan titik koma terutama untuk memisahkan dua kalimat yang artinya berhubungan dekat.
contoh.
Many people dislike using semi-colons; personally, I find the semi-colon a very useful punctuation marks.

·         [ : ] Titik dua serupa  dengan titik koma. Hanya saja titik dua menyiratkan bahwa  apa yang mengikuti merupakan penjelasan mengenai apa  yang mendahuluinya.
Contoh.
They ordered a huge four-course lunch; first they had soup, then a chicken curry; this was followed by iced cream; and finally cheese and biscuits.

·         [ - ] Tanda garis/ pisah dan tanda [ ( ) ] tanda kurung. Kedua tanda ini berguna untuk memisahkan  sebagian kalimat yang menambahkan keterangan bawahan, dan dapat ditiadakan. Dalam bahasa Inggris Amerika disebut parenthesis, dan  bahasa Britsh English disebut bracket.
Contoh.
The second of the wanted men (George Matthews) has not been seen for several years.
The second of the wanted men –George Matthews- has not been seen for several years.

·         [ “ “ ] atau [ ‘ ‘ ] tanda petik digunakan untuk mengapit tuturan langsung  atau bahan kutipan yang lain.


Demikianlah beberapa tanda baca atau punctuation dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar