Senin, 07 Maret 2016

Zhao Delong, Kisah Anak yang Berbakti


Kalau ada anak yang berbakti pada orangtua, maka, Zhao Delong, termasuk di antaranya. Pemuda yang masih duduk di bangku kuliah ini berasal dari sebuah propinsi di lembah sungai Kuning China Tengah. Setiap berangkat kuliah, ia selalu membawa ayahnya yang lumpuh bersamanya ke kampus. Sembari menuntut ilmu ia merawat sang ayah.

Zhao sendiri menderita polio semenjak kecil, tapi orangtuanya berjuang untuk mengobati Zhao. Setelah menjalani operasi, Zhao akhirnya mampu berjalan.

Sayang sekali, nasib mujur tak selamanya menghampiri Zhao. Kehidupannya berubah menjadi lebih buruk tak lama setelah mendaftar di perguruan tinggi. Ayahnya jatuh sakit dan akhirnya lumpuh. Ibunya tidak mampu menghadapi situasi ini dan akhirnya mengalami depresi mendalam.


Zhao Delong membalas jasa dan kasih sayang orangtuanya sama persis seperti ketika ia pincang saat kanak-kanak. Dia memutuskan untuk membawa ayahnya ke kampus bersamanya agar senantiasa bisa merawatnya.

Setiap hari, Zhao membantu ayahnya. Membasuh mukanya, menggosok giginya dan menyisirkan rambutnya. Ia juga memasakkan makanan  dan menolongnya melakukan latihan.

Pihak universitas telah mengalokasikan sebuah ruangan khusus untuk Zhao dan ayahnya sehubungan dengan masalah yang mereka hadapi.


“Ayah sudah merawatku. Sekarang ia sakit, aku tidak bisa meninggalkannya sendirian,” ujar Zhao kepada wartawan seperti dikutip pada laman Shanghaiist.


Zhao Delong,  sungguh seorang seorang pemuda yang berhati mulia. Perilakunya bagai langit dan bumi jika dibandingkan dengan kisah si Malin Kundang. Semoga ia mempunyai masa depan yang gemilang dan jadi panutan. Semoga beruntung, Zhao!

0 komentar:

Posting Komentar